Minggu, 25 September 2011

RESUME KOMGRAF Pert 1.

komputer grafik adalah sebuah proses dimana pembuatan penyimpanan dan manipulasi model dan citra.

komponen dasar sistem grafik:
-input ; sketcpad,maouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scsnner, live stream,dll.
output; layar, printer, perekam video, non linier editor.

sejarah perkembangan komputer grafik sangatlah pesat. Di mulai tahun 1961 oleh Edward Zajac yang menyajikan suatu model satelit dengan menggunakan teknologi grafik komputer. Dan setelah tahun itu banyak perkembangan yang memunculkan sketchpad, journal SIGGRAPH. Dan pada tahun 1986 pertama kalinya film hasil produksi komputer grafik di jadukan sebagai nominasi academy award; Luxo Jr. (Pixar). Setelah itu muncullah banyak film yang menggunakan film3D animasi yang perkembangannya sangat pesat. Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
Tahun 2000an ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.
Definisi-definisi grafik:
1. Point / titik
Biasa disebut juga pixel.
2. Line / garis
Garis lurus yang menghubungkan 2 titik.
3. Vertex
Titik pada 3D.
4. Edge
Garis pada 3D yang menghubungkan 2 vertex.
5. Polygon / Face / Facet
Bangun sembarang yang terbentuk dari vertex-vertex yang terhubung. Merupakan unit fundamental dari grafik komputer 3D.
6. Raster
Berasal dari sistem TV yang menggunakan kolom pixel. Biasa disebut juga dengan scanline. Mempengaruhi algoritma untuk mengurangi kebutuhan memori. Merupakan turunan dari rasterization dan algoritma scan-line.

Semua gambar grafik vektor itu dari formulasi linear
Vektor; Dua titik awal dan akhir
Raster; Sejumlah gambar itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar